Tips Ampuh Mengobati Dengan Obat Herbal Yang Tradisonal

Thursday, January 15, 2015

Ciri dan Mencegah Keputihan

Keputihan merupakan permasalahan klasik pada kebanyakan kaum wanita. Ironisnya kebanyakan wanita tidak mengetahui tentang keputihan dan penyebab keputihan pada wanita itu sendiri dan malah yang menjadikan keputihan sebagai hal yang enteng. Justeru jika tidak ditangani dengan baik, keputihan bisa berakibat fatal. Kemandulan dan kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan) bisa menjadi salah satu akibat dari adanya keputihan, selain itu gejala awal kanker rahim biasanya dimuali dengan adanya keputihan. Dan tentunya kanker leher rahim merupakan jenis penyakit yang berbahaya yang jika tidak ditangani dengan baik, akan berujung pada kematian. Jadi jangan anggap enteng keputihan.  Berikut bagaimana mengenal ciri-ciri keputihan dan pencegahnya sob…..
  1. Bentuknya cair/encer  
  2. Warna bening atau sedikit putih
  3. Jumlahnya sedikit
  4. Hampir tidak berbau
  5. PH asam, antara 3,8 – 4,5
  6. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.
  1. Bentuknya kental  
  2. Berwarna putih susu, kuning atau hijau
  3. Dalam jumlah banyak
  4. Berbau tidak sedap
  5. Menimbulkan gatal kadang nyeri pada genital dan sekitarnya
  6. Mengandung darah
Berikut penyebab keputihan yang abnormal/patologis :
  1. Hygiene yang jelek
  2.  Pemakaian obat-obatan dalam waktu lama, terutama antibiotik
  3. Stress
  4. Infeksi. Dapat disebabkan oleh bakteri, gonorrhoe, parasit trichomonas, jamur Candida dan virus (HPV, Herpes, AIDS)
  5. Kanker leher rahim

  1. Bersihkan selalu organ intim anda. Bersihakan dengan menggunakan pembersih yang tidak menyebabkan gangguan kestabilan pH pada daerah vagina anda. Gunakan produk pembersih terbuat dari bahan susu. Produk yang terbuat dari bahan dasar susu dapat menjaga pH seimbang juga meningkatkan flora dan bakteri yang tidak bersahabat dapat ditekan. Penggunaan sabun antiseptik kurang baik bagi vagina dalam jangka panjang, karena bersifat agat keras. Baca juga Penyebab dan Gejala Hepatitis  .
  2. Jangan menggunakan bedak atau bubuk yang bertujuan membuat vagina harum atau kering. Bedak sangat kecil dan halus, hal ini mudah terselip dan tidak dapat terbersihkan, sehingga mengundang datangnya jamur pada vagina.
  3. Keringkanlah selalu vagina anda setelah mandi, cebok atau mencui vagina sebelum anda berpakaian
  4. Pakailah selalu pakaian dalam yang kering. Usahakan selalu untuk membawa cadangan guna berjaga-jaga jika celana dalam anda perlu diganti
  5. Gunakan celana luar yang memiliki pori-pori cukup, jangan terlalu seirng menggunakan celana luar yang ketat, hal ini dapat menyebabkan sirkluasi di daerah kewanitaan terganggu.
  6. Gunakan celana dalam dari bahan katun, karena bahan katun mampu menyerap keringat.
  7. Saat periode menstruasi, seringlah anda mengganti pembalut
  8. Panty liner digunakan saat dirasa perlu saja, janga digunakan terlalu lama.
  9. Jika anda stress, ambil waktu libur atau cuti anda, rileks kan pikiran anda sejenak. Karena stress juga dapat memacu keputihan.
  10. Kurangi kegiatan yang membuat anda sangat letih, kepanasan dan banyak mengeluarkan keringat, atau jika sudah melakukan aktivitas tersebut, segera mandi dan bersihkan tubuh anda khususnya daerah kemaluan anda.
Semoga Informasi tentang Ciri dan Mencegah Keputihan ini dapat bermanfaat….
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top