Tips Ampuh Mengobati Dengan Obat Herbal Yang Tradisonal

Wednesday, February 18, 2015

Menghilangkan Ketombe

Rawatlah mahkota Anda agar terjaga kesehatan dan keindahannya, termasuk mencegah timbulnya ketombe. Serpihan berwarna putih atau kekuningan yang berasal dari kulit kepala ini bisa membuat siapa saja kehilangan kepercayaan diri looh. Dugaan paling kuat penyebab ketombe adalah jamur. Folikel rambut kemudian kelenjar minyak akan menghasilkan minyak yang disebut sebum/natural oils yang merupakan tempat jamur berkembang. Jamur tersebut sebetulnya hidup dalam kulit kepala kita, tetapi jika jumlahnya berlebihan akan menyebabkan ketombe. Minyak yang terlalu banyak pula akan menghasilkan ketombe, demikian pula jika kita sering terkena udara kering yang  menyebabkan kulit pecah-pecah sehingga mirip ketombe.

Penataan lalu penggunaan produk hairstyling pula bisa memicu ketombe. Pewarnaan rambut dan penggunaan hairspray atau gel, bisa mengakibatkan tertinggalnya residu atau mengakibatkan reaksi kulit sehingga timbul serpihan mirip ketombe. Munculnya ketombe memang bukan disebabkan karena rambut kotor, meskipun jika Anda sudah berketombe dan jarang mencuci rambut, maka ketombe menjadi bertambah parah karena timbunan sel-sel kulit mati. Untuk menghilangkan ketombe, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan diantaranya :

Pilih produk sampo yang tepat  
Ada beberapa jenis produk sampo dimana khusus untuk ketombe. Pilihlah yang mengandung ketoconazole, asam salisilat, selenium, tarataupun zinc. Bahan-bahan ini akan melawan jamur penyebab ketombe. Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera dalam label sampo. Gosoklah kulit kepala dengan lembut dan biarkan sampo selama 5 menit, sebelum dibilas menggunakan air bersih.

Bahan alami
Bahan-bahan alami pun diketahui cukup membantu mengurangi ketombe. Misalnya saja lidah buaya yang dioleskan ke kulit kepala, sampo yang mengandung tea tree, atau lemongrass.

Berjemur
Luangkan waktu sedikit untuk berjemur dibawah matahari. Sinar matahari membantu menekan jamur yang dapat memicu ketombe serta dermatitis seboroik.

Kunjungi dokter

Jika Anda sudah menggunakan sampo antiketombe selama dalam beberapa minggu tetapi ketombe tidak juga hilang, mungkin saatnya anda berkonsultasi pada dokter. Selain itu, periksakan ke dokter jika kulit kepala Anda tampak bengkak ataupun merah, rambut rontok, maupun anda menemukan tanda merah dan bersisik di bagian kulit tubuh. Beberapa gangguan kulit seperti eksim, jerawat, dan psoriosis juga dapat memicu timbunan sel kulit mati di kulit kepala. Orang yang mendapat pengobatan epilepsi, parkinson atau HIV juga lebih rentan memiliki ketombe. Pilihlah produk perawatan yang dapat menutrisi kulit kepala dan menguatkan akar rambutnya.  Semoga Informasi Menghilangkan Ketombe ini dapat bermanfaat…
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top