Tips Ampuh Mengobati Dengan Obat Herbal Yang Tradisonal

Wednesday, February 18, 2015

Penyebab Rambut Berketombe

Sudah tentu sangat memalukan jika muncul banyak serpihan putih yang  jatuh dari rambut sewaktu sedang beraktivitas. Serpihan putih yang sering kita sebut ketombe ini sebenarnya adalah kulit kepala yang sudah tua dan mengelupas. Namun, disebabkan berbagai masalah di rambut dan kulit kepala mengakibatkan kulit kepala yang semestinya menghilang secara alami justru menumpuk di kulit kepala. “Seharusnya proses pergantian kulit kepala ini berganti memakan waktu 28 hari. Akan tetapi karena adanya ketidakseimbangan ‘ekosistem’ di kepala maka pergantian kulit kepala ini berlangsung dalam waktu lima hari”  Sampai saat ini, banyak orang berasumsi tentang penyebab terjadinya ketombe, mulai cuaca, jarang mencuci rambut, polusi, salah memilih sampo, dan lain-lain. Namun, ternyata beberapa hal utama yang menyebabkan terjadinya ketombe pada kulit kepala. Berikut Penyebab Rambut Berketombe :

Minyak rambut
Minyak rambut termasuk bahan alami yang ada  dirambut, dan semua orang pasti memilikinya. Minyak rambut atau sebum tersebut berfungsi untuk membuat rambut jadi lebih bercahaya. Yang berbahaya adalah jika naturaloils/sebum ini terlalu banyak diproduksi. “Minyak ini merupakan makanan untuk jamur. Sehingga apabila minyaknya berlebihan akan membuat jamur berkembang biak semakin banyak”. Seperti mahluk hidup lainnya, jamur yang sudah menyantap minyak rambut akan menghasilkan sisa pencernaan berupa asam lemak.

Jamur  
Jamur yang disebut Malasezia globosa merupakan salah satu penyebab terjadinya ketombe. Sebetulnya jamur ini terdapat didalam kulit kepala semua orang, baik laki-laki atau perempuan tua maupun muda. Biasanya jamur ini berkemlompok dibagian folikel/kantung rambut dan batang rambut. Tak cuma di kulit kepala saja, jamur tersebut  juga terdapat di udara sekitar. Jamur dari udara sekitar ini juga akan  menambah jumlah jamur yang berada dikulit kepala. Baca juga Tips Rambut Rontok .

Daya tahan kulit kepala
Semua orang mempunyai jamur dan minyak rambut di kepala, lalu mengapa ada orang yang berketombe dan ada yang tidak berketombe…?? “Semuanya disebabkan karena setiap orang punya sensitivitas kulit kepala yang berbeda-beda terhadap asam lemak yang dihasilkan jamur”. Kulit kepala yang sensitif dengan asam lemak ini maka akan mengganggu metabolisme dan pertumbuhan sel kulit kepala yang  baru.

Pertumbuhan sel kulit kepala yang terhambat tersebut akan menumpuk di kulit kepala dan menjadi ketombe. Namun, jika sudah berketombe, Anda tidak boleh menggaruknya karena hanya akan membuatnya jadi semakin parah.  Pilihlah produk perawatan yang dapat menutrisi kulit kepala dan menguatkan akar rambutnya.  Semoga Informasi Penyebab Rambut Berketombe ini dapat bermanfaat…
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top