Tips Ampuh Mengobati Dengan Obat Herbal Yang Tradisonal

Sunday, March 15, 2015

Fungsi dan Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ yang berfungsi untuk memompa darah. Jika kita pernah melihat jantung kambing atau jantung pisang seperti itulah bentuk jantung kita. Ukuran jantung kita sebesar satu kepalan tangan kira-kira. Dan Jantung kita mempunyai 4 ruangan, ruangan itu adalah serambi atau yang biasa disebut atrium, terdiri atas 2 serambi yaitu serambi kiri/atrium kiri dan serambi kanan/atrium kanan. Ruangan dibawah serambi adalah bilik atau yang biasa disebut ventrikel. Ruangan ini juga terdiri dari 2 ruang yaitu ventrikel kiri dan ventrikel kanan. Antara jantung bagian kanan dan kiri terdapat sekat yang memisahkan, agar darah kotor dijantung bagian kanan tidak bercampur dengan darah bersih dijantung bagian kiri. Antara serambi dengan bilik dipisahkan oleh katup yang dapat membuka dan menutup. Baca juga Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan .

Bagaimanakah  proses pemompaan darah oleh jantung…?? Darah dari seluruh tubuh mengalir melalui pembuluh darah balik atau yang biasa disebut vena. Vena besar memasuki jantung melalui serambi/atrium kanan. Kemudian darah yang berada diserambi kanan akan dipompa menuju bilik kanan dibawahnya. Dari bilik kanan darah akan dipompa menuju paru-paru , di paru-paru darah yang kotor  karena mengandung banyak karbondioksida akan diisi dengan oksigen segar dari pernapasan. Selanjutnya darah akan menuju serambi. Darah akan dipompa menuju bilik kiri. Dari bilik kiri darah lalu dipompa keseluruh tubuh. Dan darah pun akan menuju ke organ-organ tubuh karena tubuh butuh oksigen dan nutrisi dari darah.

Terjadinya Penyakit Jantung

Apa yang terjadi ketika kita banyak merokok, kurangi berolah raga, bertubuh gemuk dan terlalu banyak makan makanan yang berlemak….?? Maka kita akan mengalami pengerasan dan penebalan pembuluh darah. Penebalan itu biasanya hanya pada ruas-ruas tertentu. Hal ini bias kita samakan  dengan penebalan yang terjadi pada selang atau pipa. Penebalan itu menyebabkan lubang yang didalam pipa menjadi semakin sempit. Jika kita bandingkan antara pipa biasa dengan yang berlubang sempit  maka air akan mengalir lancer pada lubang yang biasa sedangkan pipa yang berlubang sempit atau bahkan tersumbat total maka air akan terhambat bahkan bias terbendung. Baiasanya pembuluh darah yang tersumbat adalah pembuluh darah yang memberi makan  jantung. Pembuluh darah tersebut dikenal sebagai “arteri koronaria” (itulah yang menyebabkan penyakit jantung koroner). Apa yang terjadi jika jantung tidak mendapatkan makanan..?? jantung akan mati. Jika jantung benar-benar mati maka akan terjadi pemberentian darah mendadak, hal ini sangat mematikan. Namun pada sumbatan pembuluh darah jantung yang tidak total masih ada celah, sehingga terkadang jantung mendapatkan suplay darah yang tidak cukup, terkadang tidak. Ketika jantung tidak mendapatkan suplai yang tidak cukup maka akan terjadi kematian sebagian sel-sel jantung. Saat terjadi kematian sel-sel jantung itulah kita akan merasakan adanya sakit didada yang hebat, dapat menjalar ke rahang , punggung bahkan sampai ke tangan. Baca juga Gejala Penyakit Jantung.

Gagal Jantung  
Apa itu gagal jantung dan bagai mana terjadinya…?? Tidak semua penyakit jantung adalah jantung koroner. Ada penyakit yang disebut gagal jantung , yaitu fungsi pemompaan jantung yang tidak baik. Penderita  gagal jantung sering mengeluh sesak terutama saat menjalankan aktivitas fisik dan pada sakit yang parah dapat terjadi pembengkakan yang dimulai dari kaki. Bagai mana bisa terjadi gagal jantung…?? Jantung berfungsi sebagai pempmpa darah, dan jantung dapat mengalami kelelahan, misalnya akibat tekanan darah yang tinggi (tensi tinggi). Kelelahan ini akan mengakibatkan jantung tidak dapat memompa dengan baik. Jantung yang tidak dapat memompa dengan baik akan berubah fungsi menjadi bendungan. Darah dari seluruh tubuh susah kembali ke jantung karena efek bendungan tersebut. Efek itulah yang akan mengakibatkan darah tertahan dijaringan. Pada penyakit jantung yang parah akan ditemukan pembengkakan dikaki karena darah tertahan dan tidak bias kembali ke jantung. Selain memberikan efek bengkak dikaki, darah yang normalnya dari jantung kanan ke paru-paru kemudian akan dialirkan kejantung kiri, akan tertahan di paru-paru. Jika darah tertahan di  paru-paru maka akan terjadi sesak yang hebat terutama saat aktivitas fisik.

Stroke
Penyebab stroke pada penyakit jantung yaitu dikarenakan ditemukan adanya penyempitan pembuluh darah dijantung dan dapat juga ditemukan pembuluh darah diotak. Otak akan mengalami kekurangan makanan dan oksigen seperti jantung. Karena otak adalah sistem saraf pusat utama maka akan timbul kelainan saraf sesuai dengan bagian otak yang terkena. Selain itu pada kasus penurunan kesadaran  tiba-tiba biasanya terjadi karena pecahnya pembuluh darah yang mengalami sumbatan diotak, hal ini disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.

Demikianlah info sekilas tentang Fungsi dan Penyakit Jantung,  Semoga Informasi Fungsi dan Penyakit Jantung ini dapat bermanfaat….
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top