Tips Ampuh Mengobati Dengan Obat Herbal Yang Tradisonal

Monday, March 16, 2015

Penyebab Stroke

Stroke merupakan ganguan fungsi saraf akibat adanya gangguan di otak, gangguan itu karena adanya penyumbatan pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah di otak. Karena otak adalah sistem saraf pusat utama maka akan timbul kelainan saraf sesuai dengan bagian otak yang terkena. Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sudah pernah melihat serangan stroke baik kerabat maupun orang lain. Seranagn stroke ini memang Nampak mengerikan bagi sebagian orang, hal ini wajar karena yang diserang adalah otak  pusat dari sistem tubuh. Gejala yang timbul bervariasi dari gejala yang pulih hingga penurunan kesadaran yang mengakibatkan kematian.  Sekarang stroke sudah memasuki peringkat 10 besar penyakit yang mematikan di Indonesia. Biasanya penyakit ini menyerang pada usia lanjut namun sekarang harus diwaspadai adanya serangan stroke pada usia produktif. Hal ini dikarenan factor resiko stroke yang sebenarnya yaitu Gaya Hidup . Faktor resiko tersebut  di antaranya yaitu makan makanan yang tidak sehat, Kurang Berolahraga, Merokok dan Stres. Dan faktor resiko lain yaitu adanya penyakit-penyakit yang diwaspadai  yang berakibat pada stroke. Penyakit-penyakit yang dapat menimbulkan stroke diantaranya yaitu Penyakit Jantung, Diabetes, Mellitus/Gula. Kadar Kolesterol Tinggi dan lain sebagainya. Dengan adanya faktor resiko tersebut pada diri atau keluarga sebaiknya mulai waspada dan mengubah menjadi Gaya Hidup Yang Lebih Sehat . Stroke terbagi dua jenis yaitu stroke akibat pendarahan diotak dan stroke akibat jendalan /bekuan darah.

Stroke Akibat Pendarahan 
Stroke Akibat Pendarahan merupakan stroke yang berbahaya karena bisa mengakibatkan penurunan kesadaran mendadak dan kematian. Stroke jenis ini disebabkan terutama pecahnya pembuluh darah di otak. Pecahnya pembuluh darah ini disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah akibat penebalan. Sama seperti penebalan pembuluh darah koroner pada Penyakit Jantung, penebalan pembuluh darah di otak diakibatkan faktor gaya hidup yang tidak sehat. Tekanan darah yang tinggi/hipertensi dengan ruang pembuluh darah semakin sempit, mengakibatkan pecahnya pembuluh darah secara tiba-tiba karena tidak mampu beradaptasi dengan tekanan. Selanjutnya darah akan terus mengalir dan mengakibatkan tekanan dalam otak semakin tinggi karena bertambahnya volume  darah. Tekanan tersebut mengakibatkan bagian lain dari otak juga tidak berfungsi, sehingga penderita kehilangan kesadaran. 

Stroke Akibat Jendalan/Bekuan Darah
Stroke jenis ini tidak mengakibatkan pembuluh darah pecah namun stroke jenis ini akan mengurangi pasokan darah ke otak. Hal ini dikarenakan semakin sempitnya ruang pembuluh darah akibat bekuan darah/jendelan. Bagian otak yang berkurang pasokan makanan dan oksigen akan mengalami kematian sel. Kematian sel akan mengakibatkan fungsi saraf terganggu. Misalnya jika yang mengalami gangguan adalah otak yang mengatur fungsi tangan  maka tangan tidak mampu digerakkan. Dari manakah asal jendelan/pembekuan darah tersebut…?? Umumnya bekuan darah berasal dari jantung. Jadi hal ini menjelaskan pada orang sakit jantung bisa terkena stroke.

Banyak Fakta Mengatakan bahwa Stroke adalah penyakit penting yang berkaitan dengan hidup dan mati, sehingga untuk membawa ke rumah sakit harus dirapatkan dahulu...?? Angka kematian sangat tinggi pada Stroke akibat pendarahan otak, Stroke memang penyakit yang sangat penting karena berkaitan dengan otak yang merupakan pusat kegiatan tubuh kita. Jadi Sebaiknya bawa penderita ke rumah sakit dahulu untuk dilakukan tindakan medis kemudian baru dirapatkan. Demikianlah info sekilas tentang penyebab Stroke,  Semoga Informasi Penyebab Stroke ini dapat bermanfaat….
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top