Tips Ampuh Mengobati Dengan Obat Herbal Yang Tradisonal

Wednesday, March 18, 2015

Gejala Stroke

Stroke sebenarnya merupakan perjalanan akhir dari kelainan pembuluh darah di otak maupun di jantung. Hal yang paling berharga pada stroke ini adalah pencegahan. Kita dapat mencegah stroke jika sudah mengenali factor resikonya. Jadi kewaspadaan perlu kita tingkatkan jika kita sudah mempunyai factor resiko. Jika kita sudah mendapatkan Gejala Stroke itu artinya suatu keterlambatan. Berikut poin penting menengenali Stroke diantaranya :
  1. Kenali Faktor Risiko
  2. Gangguan Fungsi Anggota Badan Yang Mendadak
  3. Pusing, Mual, Muntah dan Berakhir Dengan Hilangnya Kesadaran
  4. Gejala-Gejala Tidak Khas Pada Stroke
Kenali Faktor Risiko
Penyebab Stroke sudah dijelaskan, yaitu mencakup factor resiko gaya hidup (makan, makanan yang tidak sehat, kegemukan, kurang olahraga, merolok serta tidak bisa mengatasi stres)  tidak mengikuti Pola Hidup Sehat. Dan factor resiko penyakit (Penyakit jantung, penyakit diabetes, tingginya kadar lemak dalam darah). Jika kita sudah menemui salah satu factor risiko sebaiknya segera mengubah gaya hidup karena stroke bisa mengancam kapan saja.

Gangguan Fungsi Anggota Badan Yang Mendadak 

Gangguan fungsi anggota badan yang tiba-tiba biasanya merupakan gejala stroke (tentu hal ini tidak disertai dengan kecelakan/trauma sebelumnya). Gangguan tersebut misalnya, seseorang yang awalnya mampu berbicara dengan jelas sekarang tidak bisa berbicara karena perot. Yang awalnya bisa menulis dengan tangan kanan sekarang menggerakan tangan saja sudah tidak bisa. Namun pada keadaan sumbatan pembuluh darah otak yang berlangsung lama, dapat terjadi kerusakan yang susah kembali ke fungsi semula.

Pusing, Mual, Muntah dan Berakhir Dengan Hilangnya Kesadaran
Pusing, Mual, Muntah dan Berakhir Dengan Hilangnya Kesadaran gejala ini biasanya merupakan gejala stroke akibat pecahnya pembuluh darah di otak. Penderita mengeluh pusing hebat disertai muntah-muntah lalu penderita mendadak pingsan hilang kesadarannya. Jika kita menepuk-nepuk badannya dia tidak akan sadar bahkan walaupun kita cubit kulitnya pun dia tidak akan sadar. Stroke Pendarahan Otak memang kebanyakan berakibat pada kematian.

Gejala-Gejala Tidak Khas Pada Stroke
Ada gejala-gejala yang tidak khas pada stroke, misalnya adanya gejala pusing berputar /Vertigo. Walaupun pusing berputar itu tidak berbahaya, namun pada serangan selanjutnya penderita kehilangan fungsi anggota badannya. Gejala lainnya adalah serak menahun yang tidaksembuh-sembuh. Walaupun banyak penyebab serak selain stroke, namun perlu kita waspadai. Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan saraf pada pita suara sehinga suara penderita menjadi parau terus menerus. Penderita juga dapat kehilangan reflek muntah. Umumnya jika kita sentuhkan pada dinding belakang mulut kita akan mengalami reflek muntah. Namun pada penderita stroke reflek tersebut dapat menghilang.

Apa yang harus lakukan apabila mengalami stroke ….??
Waktu merupakan hal yang paling berharga jika seseorang sudah mengalami stroke. Semakin cepat pergi ke Dokter kemungkinan besar stroke tertangani lebih baik. Setelah mengalami serangan stroke seseorang mempunyai waktu kurang dari 6 jam untuk pergi ke Dokter Sepesialis Saraf agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. Namun kebiasaan di Negara kita seseorang baru akan pergi ke Dokter setelah 2 atau 3 hari kemudian. Hal ini bisa dikatakn terlambat namun masih abisa ditangani walaupun hasilnya kurang maksimal dan umumnya hanya bersifat mengurangi gejala dan mengatasi efek buruk lebih lanjut. Saat diklinik , Dokter akan melakukan wawancara medis berkaitan dengan Gejala dan Faktor Stroke . Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan fisik mulai dari pemeriksaan umum sampai pemeriksaan saraf. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik Dokter akan menganjurkan untuk pemeriksaan tambahan yaitu pemeriksaan darah dan foto kepala CT-Scan.  Pada pemeriksan darah akan dicari faktor risiko stroke, sedangkan dari CT-Scan kepala dapat dilihat jenis strokenya. Stroke merupakan penyakit seumur hidup, seorang penserita membutuhkan partisipasi dari keluarga dan lingkungan untuk pemulihan pasca stroke. Demikianlah info sekilas tentang penyebab Stroke,  Semoga Informasi Gejala Stroke ini dapat bermanfaat….


Facebook Twitter Google+
 
Back To Top