Tips Ampuh Mengobati Dengan Obat Herbal Yang Tradisonal

Sunday, March 22, 2015

Gejala dan Pengobatan Penyakit Telinga

Telinga / Kuping yang berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan bunyi, telinga kita terbagi atas 3 bagian yaitu : Telinga bagian Luar , Telinga Bagian Tengah dan Telinga Bagian Luar atau yang biasa kita sebut sebagai liang telinga yang merupakan bagian telinga yang dapat dilihat. Telinga bagian luar mempunyai fungsi untuk meneruskan bunyi ke telinga bagian tengah. Telinga bagian luar mampu mengeluarkan secret yang membersihkan liang telinga,. Diakhir liang telinga luar terdapat Gendang Telinga, gendang telinga ini akan meneruskan getaran bunyi ke tulang-tulang pendengaran yang merupakan bagian dari telinga bagian tengah.Pada telinga bagian tengah terdapat saluran yang berhubungan dengan rongga hidung bagian belakang, fungsinya yaitu menyeimbangkan antara tekanan udara luar dengan telinga bagian tengah. Telinga bagian dalam menerima getaran bunyi dari tulang-tulang pendengaran , lalu bunyi akan diterima saraf-saraf pendengaran. Rangsangan bunyi akan diteruskan ke otak untuk diolah sehingga dapat ditafsirkan kerasnya bunyi, jauhnya bunyi serta jenisnya bunyi. Ditelinga bagian dalam juga terdapat alat keseimbangan. Itulah sekilas tentang telinga atau kuping, artikel berikut mengulas tentang macam-macem gejala penyakit telinga semoga dapat menambah wawasan kita tentang penyakit. Adapun Gejala Penyakit telinga yang sering dirasakan ada 7 gejala, berikut gejala penyakit telinga serta ciri-ciri gejala penyakit telinga yaitu :
  1. Turun Pendengaran
  2. Keluar Cairan
  3. Telinga Terasa Penuh
  4. Telinga Tersumbat
  5. Telinga Terasa Gatal
  6. Telinga Terasa Sakit
  7. Telinga Berdengung
  8. Turun Pendengaran
Turunnya pendengaran dapat disebabkan oleh penyakit telinga bagian luar, tengah dan dalam. Telinga bagian luar yang dipenuhi kotoran akan mengganggu hantaran bunyi. Penyakit telinga bagian tengah, misalnya pada kasus infeksi akan menyebabkan telinga tengah terkenang sekret yang menghambat bunyi. Sedangkan penyakit telinga bagian dalam umumnya berupa penyakit yang menyerang saraf pendengaran.

Keluar Cairan
Cairan yang keluar dari telinga merupakan cairan yang berasal dari telinga bagian tengah, biasanya hal ini disebabkan oleh infeksi yang dapat menyebabkan pecahnya membran timpani. Selain itu pada kasus trauma yang terjadi kebocoran cairan otak ke telinga sehingga keluar cairan otak yang jernih. Baca juga Gejala Stroke  .

Telinga Terasa Penuh 

Telinga yang terasa penuh ialah akibat adanya sumbatan pada saluran yang menghubungkan telinga dengan rongga hidung. Sumbatan ini biasanya karena infeksi saluran pernafasan, tetapi tidak jarang pada orang tua yang disebabkan tumor di rongga hidung.

Telinga Tersumbat
Telinga tersumbat dapat dirasakan jika ada sumbatan pada liang telinga bagian luar, sumbatan ini bisa karena adanya benda asing yang masuk kedalam liang telinga misalnya seperti serangga. Selain itu sumbatan dapat dikarenakan adanya kotoran yang menumpuk dan mengeras.

Telinga Terasa Gatal
Telinga terasa gatal dapat merupakan gejala infeksi dan noninfeksi, infeksi yang menyebabkan gatal-gatal dan mengganngu adalah infeksi jamur. Penyakit noninfeksi yang menyebabkan gatal-gatal merupakan penyakit kulit alergi.

Telinga Terasa Sakit
Telinga terasa sakit dapat disebabkan karena adanya peradangan pada liang telinga bagian luar, peradangan ini disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada telinga bagian luar.

Telinga Berdengung
Telinga berdengung merupakan gejala yang terjadi pada telinga bagian dalam, gejala ini dikarenakan adanya kelainan pada telinga bagian dalam terutama pada alat keseimbangan. Gejala ini dapat disertai dengan gangguan keseimbangan misalnya Vertigo (pusing berputar) dan muntah-muntah yang hebat.

Pengobatan penyakit telinga tergantung dengan penyebabnya, jika terjadi infeksi pada telinga dapat diberikan obat tetes telinga yang mengandung antibiotik. Hal ini dilakukan jika kuman yang menginfeksi adalah bakteri dan jika yang menginfeksi jamur maka pengobatan yang diberikan antijamur salep. Pada telinga yang tersumbat kotoran keras dan sulit untuk dikeluarkan dapat diberikan obat tetes untuk melunakkan kotoran tersebut. Jika sudah lunak maka akan mudah mengambil kotoran tersebut. Pencegahan infeksi lebih lanjut ialah menjaga telinga agar tetap kering dan usahakan jangan sampai kemasukan air. Penserita tidak boleh berenang, jika ingin mandi dan ingin membasahi kepala maka telingga harus ditutup dengan sumbat kedap air. Penyakit telinga tidak berarti masalah pada pendengaran saja, tetapi juga berkaitan dengan keseimbangan kita. Otak dan Telinga hanya terpisah beberapa milileter saja, oleh karena itu sakit telinga harus segera diatasi oleh ahlinya agar tidak terjadi penyakit yang lebih serius. Demikianlah info sekilas tentang Gejala Penyakit Telinga,  Semoga Informasi Gejala dan Pengobatan Penyakit Telinga ini dapat bermanfaat….
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top