Tips Ampuh Mengobati Dengan Obat Herbal Yang Tradisonal

Thursday, March 19, 2015

Fungsi dan Penyakit Telinga

Telinga/ Kuping berfungsi sebagai alat mendengarkan bunyi, telinga lita terbagi menjadi 3 bagian yaitu : Telinga bagian Luar , Telinga Bagian Tengah dan Telinga Bagian Luar atau yang biasa kita sebut sebagai liang telinga yang merupakan bagian telinga yang dapat dilihat. Telinga bagian luar mempunyai fungsi untuk meneruskan bunyi ke telinga bagian tengah. Telinga bagian luar mampu mengeluarkan secret yang membersihkan liang telinga,. Diakhir liang telinga luar terdapat Gendang Telinga, gendang telinga ini akan meneruskan getaran bunyi ke tulang-tulang pendengaran yang merupakan bagiandari telinga tengah.Pada telinga bagian tengah terdapat saluran yang berhubungan dengan rongga hidungbagian belakang, fungsinya ialah menyeimbangkan antara tekanan udaraluar dengan telinga tengah. Telinga bagian dalam menerima getaran bunyi dari tulang-tulang pendengaran , bunyi akan diterima saraf-saraf pendengaran. Rangsangan bunyi akan diteruskan ke otak untuk diolah sehingga dapat ditafsirkan kerasnya bunyi, jauhnya bunyi serta jenisnya bunyi. Ditelinga bagian dalam juga terdapat alat keseimbangan.

Terjadinya Penyakit Telinga
Penyakit Liang Telinga ialah terasa ada sumbatan pada telinga dan pendengaran terasa menurun. Penyebabnya banyak hal namun biasanya karena kebiasaan membersihkan telinga yang tidak tepat. Pada saat membersihkan telinga dengan korek kuping  / cottonbud ada rasa kurang puas sehingga kita akan memasukkan korek kuping tersebut semakin dalam. Secara tidak sadar kita semakin memasukan kotoran lebih dalam, kebiasan yang berlanjut akan menyebabkan tertimbunya kotoran telinga yang akhirnya memenuhi liang telinga. Sumbatan lain dapat disebabkan olehadanya benda-benda asing yang masuk ke telinga seperti bola-bola kecil (terjadi pada anak-anak) atau serangga. Penyakit liang telinga tengah biasanya disebabkan infeksi. Infeksi dapat menghasilkan sekret semakin banyak, sehingga gendang telinga menggembung. Kemudian gendang telinga akan pecah karena sekret yang dihasilkan tidak bisa ditampung lagi oleh telinga tengah. Sekret  tersebut akan ke luar melalui telinga bagian luar, kenapa bisa terjadi infeksi di telinga tengah….?? Hal ini dikarenakan antara telinga tengah dan rongga hidung terdapat saluran. Jika hidung mengalami infeksi saluran pernafasan, infeksi tersebut dapat naik ke telinga tengah. Penyakit telinga dalam dapat disebabkan oleh saraf-saraf pendengaran, selain itu dapat juga terjadi kerusakan alat keseimbangan. Jika terjadi infeksi maka akan mengganggu alat keseimbangan ini. Berikut ini beberapa penyakit telinga diantaranya :

Tersumbatnya telinga karena kotoran
Penyakit pada Telinga bagian luar memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak. Minyak ini berguna untuk mencegah air dan kotoran masuk ke dalam telinga. Biasanya, minyak bersama kotoran akan mengggumpal dan akan mengering. Lalu, kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya. Namun, kadangkala kotoran telinga mengumpul terlalu banyak dan menyumbat telinga bagian luar. Jika keadaan demikian, maka konsultasilah dengan dokter.

Vertigo
Vertigo merupakan penyakit atau kondisi dimana telinga bagian dalam mengalami gangguan sehingga terasa pusing dan ruang di sekeliling penderita terasa berputar sehingga pada kondisi seperti ini si penderta merasa berputar atau melayang. Penyakit ini sangat berbahaya jika menyerang secara tiba-tiba looh. Kebanyakan para penderita vertigo terserang pada saat sedang stress ataupun saat sedang kecapean. jadi penderita vertigo sensitif dengan yang namnay stress dan cape, karena pada kondisi stress jaringan saraf di otak mengalami overecting karena menerima pasokan darah dari jantung terlalu mendadak. Jika keseimbangan saraf ini terganggu maka akana menyebabkan beberapa komplikasi tidak hanya vertigo namun bisa juga hipertensi, jantyung koroner bahkan stroke. Penyebab penyakit vertigo adalah terganggunya saraf yang menghubungkan antara mata dengan otak, dan pergerakan mata secara abnormal (sering menggerakan mata dengan berlebihan). Gejala yang dirasakan sering merasa pusing, sering terserang pusing disertai perasaan melayang walau dalam keadaan mata tertutup sekalipun. Jenis pembedahan ini dapat mengatur kadar cairan telinga bagian dalam. Selain itu, produksi cairan dapat berkurang, penyerapan cairan lebih meningkat, dan vertigo pun dapat diatasi. Namun, ketika Anda melakukan hal ini, dokter akan menghilangkan sebagian kecil tulang yang berada di atas kantung endolymphatic. Baca juga 
Gejala Stroke .

Tuli konduksi 
Tuli konduksi, telinga tidak dapat mendengar karena gangguan pada penghantaran getaran suara. Tuli konduksi ini disebabkan oleh gangguan ini antara lain :
  1. pengapuran pada tulang pendengaran.
  2. kekakuan hubungan stapes pada tingkap oval.
  3. penyumbatan saluran telinga oleh minyak serumen.
  4. penebalan atau pecahnya membran timpani.
  5. Tuli saraf yaitu tuli yang disebabkan adanya kerusakan saraf auditori (saraf pendengaran).

Hilangnya pendengaran akibat pencemaran suara
Suara / bunyi yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pada telinga bagian dalam. Akibatnya, pendengaran dapat terganggu dan bahkan pendengaran akan hilang, rusaknya telinga akibat suara yang terlalu keras dapat dicegah dengan tidak mendengarkan dan menghindari sumber pencemaran suara atau menggunakan alat penutup telinga yang dapat mengurangi intensitas suara yang masuk kedalam telinga.

Terasa ada tekanan dalam telinga
Pada penderita yang mengidap penyakit meniere akan merasa ada tekanan pada telinga bagian dalam, gejala-gejala tersebut dapat timbul dengan tingkat keparahan, frekuensi, dan durasi yang berbeda-beda, terutama pada awal penyakit. Misalnya, Anda mungkin akan mengalami vertigo yang lebih parah daripada gejala lain atau Anda lebih sering mengalami tinnitus daripada gejala lainnya. Namun, bisa juga gejala-gejala tersebut terjadi dalam waktu yang bersamaan.

Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, lebih baik Anda langsung berkonsultasi ke dokter. Sebab, gejala-gejala tersebut mungkin dapat menimbulkan komplikasi, seperti gangguan berbicara, hilangnya kesadaran, kehilangan penglihatan, dan lain sebagainya.  Demikianlah info sekilas tentang penyebab Stroke,  Semoga Informasi Fungsi dan Penyakit Telinga/Kuping ini dapat bermanfaat….
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top