Tips Ampuh Mengobati Dengan Obat Herbal Yang Tradisonal

Thursday, March 19, 2015

Penyakit Tulang atau Otot

Tulang merupan bangunan kokoh yang membentuk tubuh kita , tulang membuat tubuh kita tegak dan berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh kita. Misalnya tulang-tulang rusuk pada dada berfungsi untuk melindungi jantung dan paru, antara tulang yang satu dengan yang lain terdapat sambungan yang dinamakn sendi. Misal pada kaki  terdapat sambungan tulang pada lutut yang dinamakan sendi lutut, ditangan terdapat sendi tangan serta dileher terdapat sendi leher yang memungkinkan leher kita dapat bergerak, menengok, menengadah ataupun menunduk. Ada hubungan antar tulang yang tidak dapat dapat digerakkan, misalnya  hubungan antar tulang kepala, tujuannya adalah untuk melindungi isi kepala. Tulang tidak mungkin bergerak tanpa otot, dan otot berfungsi untuk menggerakkan tulang-tulang pada tubuh. Otot-otot menggerakan tubuh dengan cara menegang / kontraksi dan istirahat / relaksasi. Kerja otot tersebut merupakan satu kerja yang harmonis. Misalnya pada lengan kita, jika satu otot menegang yang lain akan istirahat Hal inilah yang menghasilkan gerak. 

Fungsi Tulang dan Otot yang terganggu akan mengakibatkan gangguan gerak pada tubuh, contoh yang paling ekstrem ialah ketika mengalami patah tulang. Patah tulang akan menggangu mekanisme gerak tulang karena terputusnya satu tulang, hal ini dapat diumpamakan sebagai ban mobil yang pecah. Jika satu ban mobil pecah maka akan menggagu gerak dari mobil tersebut walaupun masih ada tiga ban lainnya. Contoh lain yaitu infeksi yang merusak tulang ada juga penyakit yang menghancurkan struktur tulang  yaitu pengeroposan tulang atau osteoporosis. Sedangkan contoh gangguan pada otot yakni serabut-serabut otot akan mengerucut menjadi serabut kenyal dan kuat yang disebut tendo. Ketika pergelangan tangan tersayat pisau sampai dalam, maka tidak dapat menggerakkan jari-jari walaupun tulang-tulangnya masih utuh, hal ini dapat diumpamakan seperti sepeda yang tidak dapat bergerak karena rantainya putus. Selain gangguan tulang dan otot ada gangguan lain yang juga penting untuk diketahui yaitu gangguan pada persambungan tulang. Gangguan inibiasanya diakibatkan reaksi radang yang akan merusak persambungan tulang dan kerusakan yang fatal akan menyebabkan gerak menjadi terganggu. Selain gangguan tulang dan otot seperti diatas ada jenis penyakit yang menyerang tulang dan otot. Berikut Jenis Penyakit Tulang dan Otot diantaranya yaitu :

Nyeri Punggung Bawah
Nyeri punggung bawah biasanya memberikan gejala berupa sakit punggung bawah atau sering diumpamakan sakit boyok. Nyeri ini juga dapat disertai dengan rasa sakit yang menyebar seperti kesetrum menjalar ke kedua kaki. Ada beberapa penyebab nyeri punggung bawah yaitu kelelahan otot, saraf terjepit dan pengeroposan tulang belakang. Untuk memastikan penyebab nyeri punggung bawah harus dilakukan pemeriksaan Laboratorium dan Foto Rontgen tulang belakang. Dan pemeriksaan yang lebih canggih yaitu MRI tulang belakang namun pemeriksaan ini harganya mahal sehingga tidak rutin dilakukan. Risiko nyeri punggung bawah semakin besar pada orang yang sering melakukan mengangkat beban yang terlalu berat, mengalami kecelakan / trauma pada punggung dan ada penyakit infeksi yang dapat menyerang tulang belakang. Terapi yang baik adalah dengan menghindari risiko tersbut lalu memberikan obat-obatan yang mengurangi rasa sakit serta peradangan tulang belakang. Selain itu dapat ditambahkan dengan mengkonsumsi vitamin penguat saraf. Selain obat-obatan bisa juga dilakukan Fisioterapi. Fisioterapi dapat menggunakan korset yang dipasang melingkari pinggang. Jika terapi-terapi tersbut gagal atau pada keadaan nyeri punggung yang parah dan mengganggu aktivitas maka dapat dilaksanakan pembedahan.

Osteoporosis  
Osteoporosis merupakan pengeroposan tulang, pengeroposan tulang ini akibat terjadi pengerusakan sel-sel tulang. Dalam keadaan normal antara pembentukan dan pengerusakan tulang akan seimbang, pada osteoporosis pengerusakan lebih besar dari pada pembentukan sehingga menjadikan tulang keropos. Risiko dari kejadiian ini ialah kurangnya olahraga dan aktivitas bergerak, kurangnya konsumsi kalsium dan vitamin D terutama pada usia tua dapat berpengaruh buruk pada tulang. Penderita Osteoporosis kebanyakan tanpa gejala, gejala timbul misalnya kalau terkena trauma. Penserita Osteoporosis jika terpeleset akan mengalami patah tulang pinggul yang parah dalam keadaan normal seharusnya tidak terjadi. Gejala ini akan terus terjadi jika orang tersebut mendapatkan trauma ringan. Untuk memastikan Diagnonis  dilakukan dengan cara pemeriksaan darah selain itu dilakukan juga pemeriksaan Foto Rontgen khusus untuk mnengetahui kepadatan tulang.
Terapi Osteoporosis yaitu dengan menghindari trauma apapun untuk mencegah patah tulang, dan untuk mendukung kepadatan tulang yang baik dapat dilakukan dengan aktivitas gerak seperti jogging atau memperbanyak jalan. Dan waktu yang paling utama adalah pada pagi hari karena sinar matahari pagi akan membantu pembentukan vitamin D, hal ini baik sekali untuk tulang. Obat-obatan yang digunakan umumnya bersifat suplemen, yaitu kalsium dan vitamin D. Pada kasus Osteoporosis dengan patah tulang dapat dilakukan pembedahan.

Rematik merupakan penyakit peradangan sendi, peradangan ini menimbulkan kerusakan pada sendi. Kerusakan sendi akan mengakibatkan rasa sakit pada persendian, sakit tersebut akan sangat dirasakan pada pagi hari. Rasa sakit dirasakan kedua sendi secara simetris, misalnya jika lutut kanan sakit maka lutut kiri pun terasa sakit. Penyakit ini juga menyerang persendian-persendian yang kecil, misalnya pada persendian jari tangan. Selain rasa sakit pada beberapa penderita bisa didapatkan adanya tonjolan-tonjolan tidak wajar pada tangan, tonjolan ini disebut sebagai nodul rematik. Dokter akan mendiagnosis penderita berdasarkan gejala dan pemeriksaan tambahan, pemeriksaaan tambahan ialah pemeriksaan darah dan foto tulang, Kadang-kadang juga dilakukan pemeriksaan cairan sendi, cairan sendi diambil dengan suntikan yang dimasukkan kedalam persambungan tulang.
Penyakit Rematik dapat diatasi dengan pemberian obat-obatan anti radang dan anti nyeri, selain itu bisa dilakukan upaya Fisioterapi pada penderita yang mengalami gangguan sakit dan gangguan gerak. Upaya lain ialah dengan menggunakan koyok cabe yang ditempelkan pada persambungan tulang dengan tujuan untuk mengurangi rasa  nyeri. Baca juga Gejala Penyakit Ginjal dan Saluran Kencing .

Sebenarnya keberadaan Asam Urat dalam tubuh ialah hal yang wajar, namun jika kadarnya terlalu tinggi akan menyebabkan timbunan asam urat pada sendi. Penyakit ini mempunyai istilah penyakit Gout, penyakit ini memberikan gejala berupa sakit yang hebat pada satu sendi. Sendi yang biasa terkena ialah sendi pada jempol kaki, selain itu penyakit ini bisa mengenai jari-jari kita. Untuk menguatkan Diagnosis, Dokter akan melakukan pemeriksaan tambahan dan pemeriksaan foto sendi.
Penanganan awal ketika penyakit ini menyerang ialah dengan memberikan obat-obatan penghilang rasa nyeri. Setelah sakit teratasi langkah selanjutnya ialah dengan mengatur kadar asam urat dalam darah, Dokter akan memberikan obat-obatan yang mampu menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Penderita penyakit ini juga harus mengatur diet, tidak boleh mengkonsumsi jeroan , bayam , kangkung dan emping.

Umumnya penyakit tulang dan otot membaik dalam jangka lama, kecuali pada kasus patah tulang yang parah akan memberikan hasil koreksi  yang buruk. Rasa sakit akan dirasakan terus tetapi dengan mengkonsumsi obat yang dianjurkan Dokter maka akan berkurang rasa sakitnya. Pada beberapa orang rasa sakit tidak dapat diatasi dengan obat-obatan rasa nyeri. Demikianlah info sekilas tentang penyakit tulang dan otot,  Semoga Informasi Penyakit Tulang dan Otot ini dapat bermanfaat….



Facebook Twitter Google+
 
Back To Top