Tips Ampuh Mengobati Dengan Obat Herbal Yang Tradisonal

Tuesday, March 24, 2015

Gejala dan Pengobatan Sakit Mata

Mata berfungsi untuk melihat, Mata merupakan jendela dunia begitu salah satu pepatah mengatakan dengan mata kita dapat menikmati pemandangan indah, membaca dan melihat makanan yang tampak lezat. Mata bisa melihat segala sesuatu tetapi tanpa adanya cahaya mata tidak dapat melihat. Pada dasarnya melihat adalah perjalanan cahaya untuk membentuk bayangan yang bisa ditafsirkan dengan “benda yang kita lihat” . Cahaya yang masuk melalui selaput luar bola mata yang disebut Kornea. Dari kornea cahaya masuk ruang dibelakang kornea yang mengandung cairan. Diruang bola mata ini terdapat bagian yang mengatur sedikit masuknya cahaya yang dinamakan Iris, Iris ini akan mengecilkan lubang/pupil jika cahaya yang ada sangat terang, sebaliknya ketika cahaya redup iris akan membuka pupil. Dibelakangnya terdapat Lensa Mata yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya agar tepat jatuhnya pada retina. Retina merupakan sensor cahaya yang menangkap apapun yang kita lihat, selanjutnya dari retina data penglihatan akan ditangkap lalu akan menuju saraf, kemudian menuju otak bagian belakang. Di otak bagian belakang data penglihatan diolah untuk disajikan sebagai gambar utuh dan bagus. Mata dilindungi oleh Tulang Tengkorak yang mengelilinginya, selain itu mata juga mendapat perlindungan dari kelopak mata. Air Mata berfungsi untuk membasahi bagian depan bola mata dan membersihkan mata dari kotoran. Kemudian air mata akan dibuang melalui saluran yang menghubungkan kelopak mata bawah dengan hidung. Sakit mata yang umumnya kita lihat adalah mata merah, salah satu penyebabnya ialah infeksi, tetapi masih banyak lagi penyebab yang lainnya. Infeksi akan mengakibatkan reaksi kekebalan tubuh dan hal ini akan menyebabkan pembuluh darah mata menjadi melebar, sehingga mata menjadi merah. Pada tekanan bola mata yang tinggi mengakibatkan peradangan pada pembuluh darahbagian depan bola mata, sehingga menyebabkan mata menjadi merah, selain itu tekanan yang tinggi pada saraf-saraf mata dapat mematikan saraf mata. Oleh karena itulah pandangan bisa menjadi kabur, hal inilah yang membedakan infeksi biasa dengan Glaukoma (Tekanan tinggi pada bola mata). Baca juga tentang Gejala dan Pengobatan Penyakit Telinga .

Pada orang tua penyakit mata yang sering terjadi yaitu pada lensa adalah kekeruhan lensa, kekeruhan lensa inilah yang mengakibatkan pandangan tambah kabur walaupun sudah menggunakan kacamata, kekeruhan pada lensa akan menghambat cahaya sehingga tidak fokus. Adapun ciri-ciri gejala sakit mata yang sering terjadi diantaranya adalah :

Mata Merah
Penderita mata merah biasanya terkena infeksi mata, namun perlu diingat bahwa mata merah yang disertai rasa sakit dan penurunan penglihatan merupakan tanda prningkatan tekanan pada bola mata. Hal ini berbahaya dan harus segera pergi ke Dokter mata, mata merah yang disebabkan trauma atau siraman zat kimia juga harus segera pergi ke Unit Gawat Darurat. Hal ini karena trauma dan siraman zat kimia bisa merusak mata dan menyebabkan penurunan penglihatan jika tidak segera ditangani maka bisa saja mengalami kebutaan.

Pandangan Kabur 
Pandangan Kabur dapat disebabkan adanya penyakit pada selaput bening mata / kornea, tekanan bola mata yang tinggi, kekeruhan lensa, kerusakan saraf dan lain-lain. Pada orang muda pandangan tidak hanya disebabkan oleh mata minus saja, tetapi dapat disebabkan kerusakan saraf mata dini, trauma lensa mata, dan tekanan bola mata yang tinggi. Disinilah pentingnya kita menemui Dokter mata agar dilakukkan pemeriksaan penyebab terjadinya pandangan kabur. Pada orang tua pandangan kabur dapat disebabkan adanya kekeruhan lensa mata / Katarak, selain itu dapat terjadi penurunan fungsi saraf akibat penuaan. Penurunan fungsi saraf juga dapat diakibatkan oleh adanya penyakit kencingmanis / Diabet dan Darah Tinggi. Banyak orang yang mengatakan bila mata minus dapat sembuh pada saat tua  nanti, alasanya saat tua mata kita akan berubah menjadi plus, apakah benar….?? Saat muda jika kita mengalami mata minus maka kita tidak akan dapat melihat jelas tanpa bantuan kacamata. Saat membaca orang dengan mata minus cendrung akan mendekatkan bukunya jika tanpa kacamata. Bagaimana keadaan orang dengan mata minus saat hari tuanya…?? Orang tersebut akan sembuh sebagian, dikatakan demikian karena saat membaca dia tidak membutuhkan kacamata lagi, namun saat melihat  benda jauh mereka membutuhkan kacamata.

Pengobatan mata tergantung pada penyebabnya, pengobatan mata biasanya dengan menggunakan obat tetes mata dan dapat didukung dengan minum obat. Obat tetes mata tidak boleh dibeli sembarangan, mengingat obat-obatan ini mempunyai efek yang sangat kuat pada mata. Pengobatan yang terbaik untuk katarak adalah dengan operasi. Selain pengobatan, kita juga harus memberikan perlindungan yang cukup pada mata untuk mencegah kerusakan pada mata yang lebih lanjut seperti dengan menggunakan kacamata, kaca helm, jangan dikucek-kucek dan lain sebagainya. Demikianlah info sekilas tentang Gejala dan Pengobatan Sakit Mata,  Semoga Informasi Gejala dan Pengobatan Sakit Mata ini dapat bermanfaat….


Facebook Twitter Google+
 
Back To Top